61 Pengidap HIV/AIDS Baru Ditemukan di Kabupaten Blitar, Satu Diantaranya Balita

Persada FM – Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menemukan 61 pengidap HIV/AIDS baru terhitung sejak bulan Januari-Juni 2018. Mereka tersebar di 22 kecamatan dan sebagian besar adalah masyarakat yang berusia produktif. Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Krisna Yekti menjelaskan, data ini diperoleh dari hasil pemeriksaan Voluntary Counseling Test (VCT) di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Krisna mengatakan, dari 61 penderita HIV/Aids baru tersebut, jika dirinci usia 0-4 tahun ada 1 anak, usia 15-24 tahun ada 5 anak, usia 25-34 tahun ada 16 orang, usia 35-44 tahun ada 23 orang, dan usia diatas 45 tahun ada 16 orang.

Menurutnya, mayoritas penderita HIV Aids baru lebih didominasi oleh masyarakat usia produktif, dimana hal ini diakibatkan karena seks bebas termasuk sesama jenis atau LGBT, selain itu melalui pola gaya hidup yang tidak sehat lainnya, serta bagi anak anak yang terdeteksi menderita HIV/Aids mayoritas mereka tertular dari orang tuanya.

Krisna menambahkan, pihaknya menduga diluar sana masih cukup banyak masyarakat yang terjangkit HIV/Aids. Namun, tidak mau melakukan pemeriksaan VCT di Rumah Sakit Ngudi Waluyo Wlingi.(nin)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*